Anisyafira Rahma Penikmat capuchino dengan 2 shot Espresso 1 shot Vanilla + Gula Cair terbucin di dunia.

15+ Daftar Beasiswa di IPB Bogor 2021/2022

4 min read

Daftar Program Beasiswa di IPB (Institut Pertanian Bogor) untuk Periode 2021 2022

Selamat datang di website milik Anisyafira, kali ini fira ingin sharing informasi beasiswa yang ada di Institut Pertanian Bogor (IPB). Siapa sih yang tidak tau IPB? Salah satu kampus Negeri terbaik di Indonesia ini memiliki banyak program beasiswa lhoh.

Awal tahun 2020 lalu (sebelum pandemi menyerang), Anisa sempet main ke kampus adikku. Sebagai informasi saja, adikku merupakan salah satu mahasiswi Semester 3 di Fakultas Pertanian tepatnya di Jurusan Agribisnis.

Ohya, buat teman teman yang ingin tahu ada jurusan apa saja di IPB, bisa langsung cek website berikut yah. Di web tersebut, selain menuliskan daftar jurusan, ada pula info tentang akreditasi tiap prodi.

Program Beasiswa S1 di IPB

Waktu itu, Anisa ke BAA FAPERTA. Nah, ternyata disana lagi ada pendaftaran beasiswa. Dan setelah aku tanya ke petugas, ternyata memang banyak banget program beasiswa yang tersedia.

Untuk tahun 2019 lalu saja, program beasiswa untuk jenjang S1, S2, dan S3 mencapai lebih dari 300 penyelenggara. Dan selalu naik tiap tahunnya.

Melalui artikel kali ini, Anisa ingin share 15+ program beasiswa S1 yang ada di Institut Pertanian Bogor. Sebagai catatan saja, jumlah penyedia beasiswa IPB lebih dari itu. Namun, Anisa akan coba tulis 15 yang menyediakan kuota terbanyak dan fasilitas yang lumayan baik.

A. Rekomendasi Website Penyedia Info Beasiswa Terbaru

Ohya, sebelum membahas lebih jauh, Anisa pengen ngerekomdasiin website penyedia informasi beasiswa terbaru nih. Website tersebut menyediakan daftar program beasiswa yang masih dibuka (belum habis deadlinenya).

Dan yang Anisa suka, website tersebut selalu update info terbaru. Buat temen temen yang mau tau daftar info beasiswa terbaru, bisa langsung cek di website beasiswa-id.net/info-beasiswa-terbaru/.

Website Penyedia Info Beasiswa Terbaru Berdasarkan Deadline
Website Penyedia Info Beasiswa Terbaru Berdasarkan Deadline

Seperti pada gambar diatas, di halaman tersebut kita bisa melihat sasaran penerima siapa, nama programnya apa, dan untuk jenjang apa. Selain itu, kita juga bisa menggunakan fitur pencarian yang ada di bagian kanan atas tabel.

B. Daftar Program Beasiswa untuk S1 di Institut Pertanian Bogor (IPB)

Oke, lanjut ke topik pembahasan utama yah. Di artikel kali ini, Anisa akan fokus share info beasiswa untuk Jenjang S1 dulu. Nanti kalau ikon clap (tepuk tangan) yang ada di kiri layar sudah lebih dari 100, bakal Anisa update lagi deh (hehe).

1. Beasiswa Bidik Misi

Beasiswa Bidik Misi merupakan salah satu program dari Pemerintah Pusat. Untuk tahun 2020 kemarin, program ini dikenal juga dengan nama Beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar).

Program ini dibuka tiap tahunnya. Adapun sasaran utamanya ialah mahasiswa baru. Namun, jika masih ada kuota tersisa, biasanya mahasiswa lama / On Going, juga bisa ikut mendaftar.

Fasilitas bagi penerima beasiswa Bidik Misi untuk periode 2020/2021 lalu yaitu berupa potongan UKT atau bahkan bisa mendapatkan fasilitas UKT Gratis. Tak hanya itu, tiap bulannya kamu akan mendapat uang tambahan yang dirapel tiap satu tahun sekali.

2. Beasiswa Bakti BCA

Program Beasiswa Bakti BCA untuk IPB
Program Beasiswa Bakti BCA untuk IPB

Sesuai namanya, program Beasiswa Bakti BCA didanai langsung oleh Bank Central Asia. Melalui program CSR ini, Bank BCA selalu membuka program ini tiap tahunnya.

Program ini disediakan untuk 18 Universitas Mitra BCA. Diantaranya ada UI, UGM, UNDIP, UNSRI, UNUD, serta tentunya IPB (Institut Pertanian Bogor).

Sasaran penerimanya yaitu mahasiswa On Going yang berada di Semester 5 atau 6. Nantinya, bagi penerima beasiswa Bakti BCA akan mendapatkan fasilitas tunjangan biaya kuliah (UKT), beserta bantuan biaya hidup selama satu tahun.

Buat temen temen yang ingin tahu daftar persyaratan, bagaimana cara mendaftar, serta kontak person untuk pertanyaan mengenai program Beasiswa Bakti BCA, bisa membaca di web Beasiswa Bakti BCA berikut.

3. Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia merupakan salah satu program yang paling banyak diminati oleh mahasiswa. Biasanya, program beasiswa lain ditujukan bagi masyarakat kurang mampu.

Namun, untuk program beasiswa Bank Indonesia ini, pendaftar dari kalangan lain juga boleh mengikuti pendaftaran. Selain itu, kuota yang tersedia juga lumayan banyak.

Kalau dilihat dari beberapa tahun sebelumnya, Bank Indonesia menyediakan fasilitas UKT gratis, serta uang tambahan tiap bulannya.

Nah, dibanding dengan program lain, beasiswa Bank Indonesia menyediakan nominal yang lumayan tinggi. Untuk periode lalu saja, Bank Indonesia menyediakan tunjangan 1 juta rupiah tiap bulannya.

4. Beasiswa ETOS

Program Beastudi ETOS dan Dompet Dhuafa
Program Beastudi ETOS dan Dompet Dhuafa

Berikutnya ada program beasiswa ETOS atau lebih dikenal dengan Beastudi ETOS Dompet Dhuafa. Di Indonesia sendiri, beastudi ETOS hanya dibuka bagi mahasiswa yang kuliah di 12 kampus terbaik di Indonesia. Termasuk USU, UI, ITB, UNDIP, dan IPB.

Sasaran penerima program ini yaitu mahasiswa S1 dari keluarga yang kurang mampu. Nantinya, selain mendapat fasilitas uang bulanan, ada pula tunjangan uang kuliah, beserta tunjangan lainnya.

5. Beasiswa Tanoto Foundation

Yang berikutnya ada program beasiswa dari Tanoto Foundation. Buat teman teman yang belum tahu, Tanoto Foundation merupakan lembaga yang dibentuk oleh Sukanto Tanoto.

Lembaga ini berfokus pada penuntasan kemiskinan melalui bidang pendidikan. Karenanya, jangan heran kalau program yang disediakan bagi penerima beasiswa ini cukup banyak.

Untuk periode 2020 sendiri, program yang biasa dikenal dengan Beasiswa Tanoto Foundation ini berubah nama menjadi Beasiswa TELADAN. Beasiswa TELADAN merupakan singkatan dari Beasiswa Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan.

Selain mendapatkan fasilitas uang jajan, kamu juga akan mendapat banyak program pengembangan karakter. Mulai dari kepemimpinan, soft skill, hingga pelatihan enterpreneur (kewirausahaan).

6. Beasiswa KSE

Berikutnya ada program menarik buat mahasiswa lama / On Going, yaitu program beasiswa KSE (Karya Salemba Empat). Beasiswa ini merupakan salah satu program dari Lembaga/Organisasi dengan kuota terbanyak.

Untuk periode 2020/2021 lalu, penerima beasiswa KSE mencapai 3.500 orang dari 28 kampus terbaik di Indonesia. Sejak awal dibuka hingga saat ini, KSE telah mendanai lebih dari 20.000 mahasiswa di Seluruh Indonesia.

Fasilitasnya kurang lebih sama seperti yang lain, ada tunjangan UKT, serta tunjangan bulanan. Namun, yang paling membedakan antara program ini dengan yang lainnya yaitu “punya banyak teman”.

Kok bisa? Nah, nanti setelah menjadi penerima beasiswa, akan ada kegiatan wajib. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh penerima beasiswa KSE pada periode tersebut.

Disana akan ada banyak kegiatan yang mendukungmu untuk kenal lebih jauh dengan peserta lain. Disana kamu bisa menambah relasi dan koneksi dengan mahasiswa dari 28 PTN terbaik di Indonesia.

7. Beasiswa Pertamina

Pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Tahun 2020 Lalu
Pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Tahun 2020 Lalu

Berikutnya ada program beasiswa dari BUMN (Badan Usaha Milik Negara), yaitu Pertamina. Biasanya, Pertamina membuka beberapa jalur pendaftaran. Untuk tahun 2020 sendiri, Pertamina menyediakan 4 program beasiswa Pertamina Sobat Bumi, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Sekolah Vokasi, serta Beasiswa Prestasi.

Untuk fasilitasnya kurang lebih hampir sama, yaitu tunjangan biaya hidup tiap bulan. Namun, perbedaannya yaitu dari sasaran penerimanya.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi disediakan bagi mahasiswa pencinta alam dan lingkungan. Beasiswa Afirmasi disediakan untuk mahasiswa yang berasal dari Daerah tertinggal.

Beasiswa Sekolah Vokasi disediakan bagi mahasiswa yang berada di jenjang D3/D4. Sedangkan untuk beasiswa prestasi, disediakan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang Akademik ataupun non akademik.

8. Djarum Beasiswa Plus

Seperti namanya, program beasiswa Djarum Plus didanai langsung oleh perusahaan Rokok ternama di Indonesia. Program ini disediakan bagi 10 Universitas mitra. Diantaranya, ada ITB, ITS, serta IPB.

Nah, Djarum Beasiswa Plus merupakan program unggulan. Bisanya, hanya orang orang akademis yang punya jiwa kepemimpinan tinggi yang bisa menjadi penerima beasiswa ini.

Penerima beasiswa Djarum biasa disebut dengan Beswan Djarum. Djarum Foundation menyediakan fasilitas uang bulanan serta berbagai macam kegiatan peningkatan kepemimpinan, bahasa asing dan soft skill.

Jangan kaget kalau alumni beswan Djarum bisa lanjut S2 di Luar Negeri. Berita terbarunya sih ada salah satu beswan Djarum yang masuk dalam kategori Best Position Paper UNESCO Chamber.

Selain dari 8 Program beasiswa diatas, ada lagi banyak program lainnya. Berikut Anisa tuliskan daftarnya. Nanti kalau ada kesempatan lagi, baru Anisa review satu persatu yah. Makanya, jangan lupa klik ikon Clap, yang ada di bagian kiri layar kalian.

  1. Beasiswa BAZNAS
  2. Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)
  3. Beasiswa Ancora Foundation
  4. Beasiswa ANTAM
  5. Beasiswa BII (Bank Internasional Indonesia)
  6. Beasiswa BFI Finance
  7. Beasiswa BNI Syariah
  8. Beasiswa Inspirasi Muda
  9. Beasiswa Yayasan Salim

Nggak kerasa tulisan Anisa udah lebih dari 1.200 kata. Akhirnya Anisa cukupkan sampai disini dulu. Nanti kalau ada kesempatan, akan Anisa tuliskan lebih detail mengenai program beasiswa lainnya.

Saran Anisa buat teman teman, jangan pernah punya keinginan untuk ngga kuliah karena alasan biaya. Karena program beasiswa di PTN itu sangatlah banyak.

Akhir kata, sekian dari Anisa mengenai Daftar Program Beasiswa yang ada di IPB (Institut Pertanian Bogor). Jika ada kesalahan dalam penulisan, bisa langsung koreksi melalui kolom komentar yah.

Anisyafira Rahma Penikmat capuchino dengan 2 shot Espresso 1 shot Vanilla + Gula Cair terbucin di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *